heterotrigona_itama

15 September 2016

Bee Pollen Trigona Efektif Menghambat Sel Kanker Payudara

sarang trigona

Sebuah artikel hasil penelitian yang kami temukan di sebuah situs journal mendelay memuat khasiat bee pollen (roti madu) yang sangat dahsyat dalam menghambat sel kanker payudara. Judul penelitiannya adalah "Bee pollen extract of Malaysian stingless bee enhances the effect of cisplatin on breast cancer cell lines".

Tujuan: Untuk mengevaluasi antioksidan dan efek antiproliferatif ekstrak bee pollen metanol (BPE) dari lebah stingless Malaysia Lepidotrigona terminata dan efek sinergis dengan cisplatin (obat kemoterapi) pada MCF-7 sel kanker.

Metode: Aktivitas antioksidan BPE dari L. terminata diukur dengan menggunakan 1,1-difenil-2-pikrilhidrazil radikal (DPPH) assay. Aktivitas antiproliferasi pada konsentrasi yang berbeda dari BPE dan cisplatin ditentukan melalui menggunakan MTT assay pada MCF-7 dan L929 baris sel. Efek interaksi (sinergis, aditif dan antagonis) antara BPE dan cisplatin ditentukan oleh perangkat lunak CompuSyn berdasarkan data assay MTT.

Hasil: EC50 (50% penurunan dari DPPH penghambatan) dari BPE adalah 0,5 mg / mL. L. terminata BPE menunjukkan aktivitas antiproliferatif pada kedua kanker dan baris sel normal. IC50 (konsentrasi obat yang diperlukan untuk 50% dari penghambatan sel in vitro) dari BPE pada MCF-7 adalah 15 mg / mL sedangkan di lini sel yang normal L929 adalah 26 mg / mL. IC50 untuk cisplatin pada MCF-7 adalah 20 ?? mol / L.

Pengaruh Kombinasi BPE dan cisplatin pada sel MCF-7 menunjukkan bahwa BPE pada 15 mg / mL mampu mempotensiasi efek penghambatan cisplatin sama sekali konsentrasi yang berbeda (2,5-20,0 mg / mL).

Rata-rata dari sel-sel kanker penghambatan yang potensial oleh BPE adalah sekitar 50%. Sebuah nilai indeks kombinasi kurang dari 1 dilaporkan dalam software CompuSyn lebih lanjut membuktikan efek sinergis antara BPE dan cisplatin, menunjukkan bahwa BPE bekerja sinergis dengan cisplatin.

Kesimpulan: Oleh karena itu penelitian kami menunjukkan bahwa BPE lebah stingless Malaysia, L. terminata adalah agen kemopreventif potensial dan dapat digunakan sebagai pengobatan tambahan untuk obat kemoterapi. BPE mungkin bisa digunakan untuk mempotensiasi efek obat kemoterapi dengan kemungkinan untuk mengurangi dosis yang diperlukan obat. Mekanisme molekuler dari bagaimana BPE mengeluarkan aktivitas antiproliferatif akan menjadi wilayah yang menarik banyak untuk mencari dalam studi masa depan.





 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...