heterotrigona_itama

13 September 2016

Geniotrigona thoracica

 photo Trigona_thoracica

Dari sekian banyak jenis lebah trigona, Geniotrigona thoracica ini dapat di bilang cukup special. Selain memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan lebah trigona lainnya, ia memiliki ciri yang mudah dibedakan pada warna tubuhnya yang didominasi warna hitam kecoklatan alias brownies dan bagian thorax yang berwarna coklat, serta ujung sayap yang berwarna agak keputihan.

Geniotrigona thoracica termasuk jenis trigona yang menghasilkan propolis sangat banyak, dan ukuran pot madu yang cukup besar. sehingga sangat potensial untuk penghasil propolis.

Geniotrigona thoracica pertama kali ditemukan oleh Smith tahun 1857, kemudian ditemukan lagi dalam beberapa eksplorasi lain yaitu oleh Cameron tahun 1902 dengan nama Trigona lacteifasciata Cameron, Trigona ambusta oleh Cockerell tahun 1918, dan Trigona borneensis oleh Friese tahun 1933 di Pulau Kalimantan.

Entrance

Pintu masuk koloni G. thoracica berupa lubang tunggal berdiameter + 1,5cm yang cukup besar pada permukaan tanah yang dikelilingi oleh kumpulan berbagai eksudat berbentuk bukaan utuh, tidak berbentuk silinder dan juga tidak berbentuk corongan. Bila dilihat sekilas, warna eksudat-eksudat yang mengelilingi pintu masuk nyaris sama dengan warna tanah atau batuan tebing di sekitar sarang itu, penyamaran tersebut diperkirakan sebagai upaya pertahanan koloni dari gangguan musuh.

Seperti halnya jenis trigona yang lain pintu masuk di jaga oleh sekumpulan trigona pejantan yang memiliki temperamen yang lumayan galak. Hal itu kami rasakan ketika kami diserang dengan cukup ganas saat mendekati sarang mereka. Rahangnya cukup kuat sehingga terasa menyakitkan dan memberikan bekas ketika menggigit kulit.



 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...