heterotrigona_itama

14 Januari 2017

Membuat Sendiri Stup Trigona dari Log

kotak_koloni photo 1482395929307_zpsl6sv6kpo.jpg

Membuat sendiri stup Trigona merupakan tantangan tersendiri, terutama dalam penanganan log, karena diperlukan ketrampilan dalam membuat lubang di tengah log. Ada beberapa cara untuk membuat lubang ditengah log, ada yang menggunakan pahat ada yang menggunakan gergaji Chainsaw. Disini akan dipaparkan tahap demi tahap cara membuat stup (rumah) lebah trigona.

Hive

Tahapan Pembuatan:

Tahap 1 : Sediakan log dengan ukuran diameter 20-30 cm dan panjang 25-50 cm. Ukuran yang ideal untuk jenis Heterotrigona itama adalah diamter 25 cm panjang 25 cm sedangkan untuk jenis Geniotrigona thoracica adalah diameter 30 cm panjang 50 cm. Dalam gambar diatas adalah log untuk itama, diameter 25 cm dan panjang 25 cm, dibuat lubang ditengahnya dengan ukuran diameter 15 cm serta kedalaman 15 cm.

Tahap 2 : Pembuatan topping, dari bahan papan dengan ketebalan 2 cm. Ukuran yang bisa dipakai adalah panjang 30 cm lebar 30 cm serta tinggi 15 cm, dengan dilubangi tengahnya dengan diamter 10 cm.

Tahap 3 : Pembuatan tutup topping. Agar log dan topping tidak kepanasan serta kehujanan, tutup ini difungsikan juga sebagai atap yang menyerupai atap rumah.

Tahap 4 : Rangkai jadi satu antara log, topping, dan tutupnya sehingga terbentuk stup atau hive (rumah) lengkap.

Semoga sedikit pengetahuan ini, bermanfaat bagi para pelestari trigona...




 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...